February 8, 2010

Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Kesadaran masyarakat tentang kesehatan

Posted in Uncategorized at 7:29 pm by uuse

Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Kesadaran masyarakat tentang kesehatan

Pendidikan seseorang merupakan salah satu proses perubahan tingkah laku, semakin tinggi pendidikan seseorang maka dalam memilih tempat-tempat pelayanan kesehatan semakin diperhitungkan.

Menurut Azwar (1996), merupakan suatu faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang dan pendidikan dapat mendewasakan seseorang serta berperilaku baik, sehingga dapat memilih dan membuat keputusan dengan lebih tepat.

Pendidikan mempengaruhi proses belajar, menurut Mantra (2003), makin tinggi pendidikan seseorang maka makin mudah orang tersebut menerima informasi. Dengan pendidikan tinggi maka seseorang akan cenderung untuk mendapat informasi baik dari orang lain maupun dari media massa. Semakin banyak informasi yang masuk makin banyak pula pengetahuan yang didapat, juga termasuk pengetahuan tentang kesehatan.

Semakin tinggi tingkat pendidikan atau pengetahuan seseorang maka semakin membutuhkan pusat-pusat pelayanan kesehatan sebagai tempat berobat bagi dirinya dan keluarganya. Dengan berpendidikan tinggi, maka wawasan pengatehuan semakin bertambah dan semakin menyadari bahwa begitu penting kesehatan bagi kehidupan sehingga termotivasi untuk melakukan kunjungan ke pusat-pusat pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Sumber
Azwar, A. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Mantra, I.B. 2003. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Leave a comment