December 28, 2009

Isi Budaya Organisasi

Posted in Uncategorized at 2:03 pm by uuse

Menurut Ndraha (1997:44) isi budaya organisasi merupakan hasil kesepakatan bersama dalam menentukan pedoman berfikir, berpendapat, dan berlaku, bersikap, dan bekerja sehingga akan mempengaruhi arah dan perilaku sumberdaya manusia. Tertanamnya berbagai macam standart organisasi menunjukkan isi budaya organisasi telah diterima dan telah diciptakan untuk menjadi bagian dari diri masing-masing pegawai.

Schein (dalam Ndraha 1997:44) juga menyatakan bahwa “Isi budaya organisasi ada dalam tiga tingkatan tersebut yaitu :

  1. Visible Artifact (Artifak) adalah produk-produk nyata dari kelompok seperti arsitektur lingkungan fisik, bahasa, teknologi kreasi artistik, tata ruang cara berpakaian, cara berbicara, cara menggunakan perasaan, cerita tentang mitos, dan budaya organisasi, daftar nilai yang dipublikasikan, kegiatan ritual seremonial, serta keteladanan.
  2. Values (Nilai-nilai) adalah apa yang secara ideal menjadi alasan untuk berprilaku. Nilai-nilai merupakan sesuatu yang berharga untuk dipahami dan dikerjakan sebagai nlandasan dari komitmen organisasi. Nilai-nilai biasanya ditemukan oleh para pendiri organisasi, seperti strategi-strategi tujuan-tujuan, filosofi serta cerita cara-cara pencapaian tujuan-tujuan. Bentuk nyata dari nilai-nilai dapat berupa filosofi, visi, disiplin kerja, sistem balas jasa, dan cara berinteraksi.
  3. Basic Assumtions (Asumsi Dasar) adalah apa yang tidak disadari, tetapi secara aktual menentukan bagaimana anggota organisasi mengamati, berfikir merasakan, dan bertindak. Asumsi dasar menetapkan cara yang tepat bagi organisasi untuk melakukan sesuatu sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. Cara atau pola komunikasi organisasi baik internal maupun dilingkungan eksternal merupakan bagian tindakan nyata dari asumsi dasar.

Daftar Pustaka

Ndraha, T. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: