December 28, 2009

Pembagian Barang dan Jasa

Posted in Uncategorized at 2:18 pm by uuse

Pembagian barang dan jasa menurut Savas yang didasarkan pada dua karakteristik yaitu:

  1. Ekslusi

Berarti mencegah seseorang dari kemungkinan ikut menikmati suatu barang tertentu, barang dan jasa dapat dikatakan mempunyai karakteristik ekslusi jika pengguna potensialnya dapat ditolak ikut menggunakan kecuali mereka dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemasok potensialnya. Dengan kata lain barang dapat berpindah tangan hanya jika pembeli atau penjual menyepakati persyaratannya.

  1. Konsumsi

Barang dapat digunakan dikonsumsi bersama oleh banyak orang yang tanpa mengurangi kualitas dan kuantitasnya, sementara barang lain hanya tersedia untuk konsumsi individual, artinya barang yang kita gunakan seeorang tidak dapat dikonsumsi orang lain pada saat yang sama.

Dari karakteristik  barang dan jasa di atas, ada 4 kelompok barang dan jasa yaitu sebagai berikut:

  1. a. Privat Goods

Barang dan jasa ini umumnya dikonsumsi secara individual dan tidak dapat diperoleh si pemakai tanpa persetujuan pemasoknya. Bentuk persetujuan ini biasanya dilakukan dengan menetapkan harga tertentu. Misalnya : Taksi, Hotel.

  1. b. Common pool Goods

Barang dan jasa ini umumnya dikonsumsi secara individual namun sulit untuk dicegah siapapun yang ingin memperolehnya meskipun mereka tidak mau membayar. Misal : sinar matahari, udara, ikan.

  1. c. Tool Goods

Barang dan jasa jenis ini umumnya digunakan secara bersama-sama, namun si pengguna harus membayar dan mereka yang tidak dapat/ mau membayar dapat dengan mudah dicegah dari kemungkinan menikmati barang tersebut. Semakin sulit atau mahal mencegah seseorang konsumen potensial dari pemanfaatan tool goods semakin serupa barang tersebut dengan ciri barang publik. Misal : Jalan tol, bioskop, telepon.

  1. d. Public goods

Barang dan jasa jenis ini umumnya digunakan secara bersama-sama dan tidak mungkin mencegah siapapun untuk menggunakannya, sehingga pengguna pada umumnya tidak akan bersedia membayar berapapun tanpa dipaksa untuk memperoleh barang ini. Misalnya : Jalan raya, keamanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: