December 28, 2009

Bagaimana Cara Mendapat Ide Kreatif Untuk Menulis Blog?

Posted in Uncategorized at 1:51 pm by uuse

Mendapatkan ide menulis tema tertentu tidak bisa muncul kapan saja kita mau. Ada waktu-waktu tertentu dimana kita mendapatkan banyak sekali ide yang muncul diotak kita, namun kadang juga ada kondisi dimana kita kesulitan mendapatkan ide, pikiran buntu.

Bagi kita yang ingin terus meulis di blog secara periodik, maka content-content baru harus selalu ada sesuai dengan target rutinitas kita menguplode content baru. Munculnya ide tidak dapat diprediksi kapan muncul namun munculnya ide dapat dipengaruhi oleh kondisi fit tubuh kita, Otak kanan dan otak kiri, rutinitas kita belajar hal-hal baru.

Kondisi fit tubuh kita.

Jika kita sedang tidak ada beban pikiran, tubuh rileks santai, maka kinerja otak bisa lebih maksimal sehingga sering memunculkan ide-ide baru. Namun sebaliknya jika kita stress, kita memaksa otak kita untuk berfikir menemukan idea baru maka kemungkinan pikiran buntu semakin besar. Jika kita capek juga mempengaruhi kemampuan otak dalam berkonsentrasi, maka tubuh bugar ketika menulis content dan mencari ide menulis kemungkinan bisa menghasilkan hasil yang lebih memuaskan daripada dalam kondisi capek.

Otak kanan dan otak kiri yang selalu diasah secara berkelanjutan.

Belahan Otak kanan manusia mengurusi masalah pemikiran abstrak dengan penuh imajinasi (contoh: proses pemikiran yang memerlukan kreatifitas, orisinilitas, bakat artistik daya cipta, ritme warna, dan musik)

Belahan Otak kiri menangani angka, organisasi, susunan, logika dan hal lain yang memerlukan pemikiran rasional, ilmiah, deduktif dan analitik.

Dengan pengembangan kedua belahan otak secara seimbangan akan menggabungkan kemampuan kreatifitas, keunikan, analitik, rasional, dapat menghasilkan content yang bermutu dan unik yang memiliki nilai tambah artikel lain dengan tema yang sama.

Rutinitas kita belajar hal-hal baru.

Dengan belajar atau membaca hal-hal baru di bidang yang kita minati akan menambah informasi yang kita ketahui, dengan kemampuan otak kiri dan otak kanan kita kita bisa mengaitkan informasi baru dan lama serta menganalisisnya sehingga  sangat dimungkinkan memunculkan tema baru, ide, atau sebuah kesimpulan baru yang bisa memperkaya isi dari artikel kita yang lama atau memunculkan tema baru yang dapat kita tulis di blog kita. Terus belajar hal-hal baru!!! Ketika kita telah merasa sudah pandai dan berhenti belajar maka kita telah menciptakan batas kemampuan kita.

Ide muncul di otak kita hanya dapat bertahan hanya beberapa menit dan kemungkinan setelah itu kita akan melupakannya. Sehingga untuk menjaga ide kita bisa tertuang di dalam artikel kita jika kita menemukan ide baru segera tulis ide tersebut sebelum ide tersebut dilupakan. Hal ini penting karena kita tidak bisa memastikan kapan waktu ide tersebut akan muncul. Selalu bawa kertas kecil dan pena atau laptop, jika muncul ide baru segera tulis. Jika ketika ingin menulis tetapi pikiran sedang buntu kita dapat menggunakan ide-ide kita yang sudah kita tulis tersebut untuk artikel baru kita

Biasakan menggunakan Mind Map (Peta Pikiran) untuk memudahkan kerangkan berfikir dan mengembangkan ide-ide dalam tulisan. Kita berfikir dengan proses yang komplek, melompat-lompat kesana sini, dan tidak bersifat linier. Sehingga dengan kerangka berfikir yang dituangkan dalam peta pikiran memudahkan kita mengingat dan memahami alur dari ide-ide kita.

Selain itu asupan gizi ke otak kita juga mempengaruhi kerja otak yang nantinya juga berdampak pada munculnya ide kreatif otak kita. Pastinnya makan-makanan bergizi seimbang tiap hari sesuai denan kebutuhan tubuh kita akan meningkatkan konsentrasi dan kemampuan penciptaan ide-ide kreatif dalam tulisan-tulisan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: