December 28, 2009

“Track Record Usaha” Bagi Pengusaha Pemula

Posted in Uncategorized at 1:49 pm by uuse

Bagi pengusaha pemula membuka usaha dengan modal nekad  meupakan hal umum yang kita temui. Motif orang membuka usaha dengan modal nekad sangat bervariasi namun kebanyakan didasari karena alasan ekonomi atau istilahnya sedang “kepepet”.

Banyak sekali dari usaha yang dibuka dengan modal nekad ini dalam waktu kurang dari lima tahun pertama usaha dimulai sudah banyak yang berguguran, namun banyak juga usaha yang berawal dari niat besar ini berbuah kesuksesan dan semakin menggurita.

Tentunya bagi pengusaha pemula jelas memiliki keinginan untuk kedepannya usaha yang dijalankan dapat berkembang besar terus-menerus hingga dapat diteruskan sampai anak cucu sampai tujuh keturunan.

Terlepas dari pengusaha pemula yang menjalankan usaha jatuh bangun, sukses, dari modal nekad, maupun modal teori usaha,  track record usaha perlu dilakukan. Salah satu track record adalah dibuatnya laporan keuangan harian dalam bentuk jurnal yang kemudian dilanjtkan sampai laporan neraca bulanan dan laba rugi bulanan atau tahunan.

Pencacatan laporan keuangan tidak perlu rumit yang penting pencacatan dan pengecekan dilakukan secara disiplin pada setiap transaksi. Banyak sekali kasus dimana kehancuran usaha yang didasari dari laporan keuangan yang tidak disiplin tidak mencacat transaksi kecil namun jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Selain pencacatan keuangan track record usaha yang tidak kalah penting adalah pencatatan history usaha. Setiap moment asam manis usaha harus dicatat karena dapat digunakan sebagai referensi pengambilan kebijakan usaha di waktu yang akan datang. Usaha bisa saja pasang surut namun dengan dokumentasi yang dilakukan mungkin bisa membuat benang merah yang membentuk pola, trend, atau kondisi usaha yang dapat diantisipasi atau malah kita manfaat untuk meraup keutnungan.

Banyak sekali pengusaha pemula atau bahkan pengusaha senior mengulangi kesalahan yang sama karena tidak adannya track record usaha secara historis. Ingatan manusia terbatas, sehingga kebijakan, peristiwa penting, atau pasang surut usaha perlu dilakukan pencacatan. Pencatatan yang dilakukan di kemudian hari dapat digunakan bagi bekal diri sendiri, saudara, maupun orang lain untuk dapat menjalankan usaha dengan lebih baik.

Keuntungan plus-plus dengan adanya pencatatan secara historis jika usaha Anda sukses dan anda dikenal banyak orang, Anda dapat membukukan pencacatan historis dari pengalaman Anda tersebut dan diterbitkan untuk umum. Tentu selain Anda mendapatkan uang dari royalty penjualan buku, Anda juga mendapatkan pahala, memajukan kehidupan bangsa, dan orang lain karena muncul pengusaha sukses baru yang ilmunya dari  buku yang Anda terbitkan tersebut.

Besar ataupun kecil usaha yang anda rintis, lakukanlah pencatatan keuangan dan pencatatan secara historis usaha.

Salam Sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: