December 28, 2009

Definisi Organisasi

Posted in Uncategorized at 2:14 pm by uuse

Organisasi merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan yang dilakukan melalui usaha-usaha secara berkelompok. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan Robbins (1994:4) bahwa “Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan”. Berkaitan dengan organisasi, Sondang Siagian mengemukakan bahwa:

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja formal terikat, dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan mana terdapat ikatan orang yang disebut atasan dan sekelompok orang yang disebut bawahan”.

Dari kedua definisi tentang organisasi diatas, terdapat kesamaan pengertian yang pada dasarnya organisasi merupakan suatu kesatuan dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama atau sekelompok tujuan yang telah ditetapkan.

Gibbson (1995:6) mendefinisikan organisasi sebagai berikut, “Organisasi  adalah kesatuan yang memungkinkan masyarakat mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai oleh individu secara perorangan”. Lebih lanjut Robbins (1996:6) menambahkan bahwa:

Organisasi adalah suatu unit (satuan) sosial  yang dikoordinasikan dengan sadar, yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang berfungsi atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan atau serangkaian tujuan bersama.

Sedangkan Tika, M.P. (2006:4) mengemukakan bahwa hal-hal yang tercakup dalam organisasi terdiri dari:

  1. Kumpulan dua orang atau lebih
  2. Kerjasama
  3. Tujuan bersama
  4. System koordinasi kegiatan
  5. Pembagian tugas dan tanggung jawab personil

Organisasi merupakan kerangka pembagian tugas dan koordinasi. Pembagian tugas  akan meningkatkan produktivitas dan mempermudah pencapaian tujuan secara efektif dan efisien karena orang-orang yang ada dalam oraganisasi dapat memusatkan diri pada peran dan pembagian tugas sesuai dengan keahliannya menyebabkan adanya koordinasi. Koordinasi akan menghubungkan dan menyelaraskan pembagian tugas tersebut mencapai tujuan tanpa adanya hambatan.

Daftar Pustaka

Robbins,S.P.1994.Teori Organisasi. Jakarta:Arcan

Gibbson, Ivancevich, dan Donnelly. 1995. Organisasi jilid 1: Perilaku, Struktur, dan Proses. Alih bahasa: Nunuk Adiarni. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Robbins, P Stephen. 1996. Teori Organisasi, Struktur Desain Dan Aplikasi.Jakarta: PT. Prenhallindo.

Tika, MP.2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan  Kinerja Perusahaan. Jakarta :  Bumi Aksara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: