December 28, 2009

Definisi Kemampuan Pegawai

Posted in Uncategorized at 2:06 pm by uuse

Seseorang yang memiliki kemampuan berarti akan sanggup melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Seperti yang diungkapkan oleh Robbins (1996:46) bahwa kemampuan (ability) adalah kapasitas individu untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan.

Dari pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa dengan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai akan memudahkan dalam penyelesaian setiap pekerjaan secara efektif dan efisien tanpa adanya kesulitan sehingga akan menghasilkan suatu pekerjaan atau kinerja yang baik.

Kemampuan pegawai disini berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilannya dalam menyelesaikan pekerjaan. Menurut Thoha menyatakan bahwa,”Kemampuan merupakan salah satu unsur dalam kematangan yang berkaitan dengan pengetahuan atau keterampilan yang dapat diperoleh dari pendidikan dan pelatihan”. Hal itu didukung oleh pendapat Keith Davis (dalam Mangkunegara, 2000:67) yang menyatakan bahwa, “Kemampuan (ability) sama dengan pengetahuan dan keterampilan (knowledge dan skill)”.

Jadi, kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan para pegawai itu sendiri khususnya untuk mengerjakan berbagai tugas sesuai dengan kewajibannya. Berdasarkan uraian pendapat diatas, kemampuan dapat diukur dari:

  1. Pengetahuan

Tujuan organisasi akan dapat tercapai dengan baik apabila para pegawai mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Menurut Subagyo (dalam Mangkunegara,2000:46), “Pengetahuan pegawai merupakan segala sesuatu yang mereka ketahui tentang obyek tertentu yang merupakan pengetahuan umum yang dilaksanakan secara langsung atau mempengaruhi pelaksanaan tugas pegawai”.

Pengetahuan pegawai akan pelaksanaan tugasnya dengan baik sangat menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan tugas dengan baik. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Heidjrachman dan Husnan bahwa, “Pengetahuan karyawan akan pelaksanaan tugas maupun pengetahuan umum yang mempengaruhi pelaksanaan tugas sangat menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan tugas dengan baik”.

  1. Keterampilan

Keterampilan merupakan salah satu faktor utama dalam usaha mencapai kesuksesam bagi pencapaian tujuan organisasi. Dengan adanya peningkatan keterampilan pegawai, maka hal tersebut akan mempengaruhi keahlian pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Gibson (1998:33) mendefinisikan keterampilan sebagai, “Kecakapan yang berhubungan dengan tugas yang dimiliki seseorang dalam waktu yang tepat”.

Sedangkan menurut Siagian (1992:167) keterampilan adalah “Kemampuan teknis untuk melakukan sesuatu kegiatan tertentu yang dapat dipelajari dan dikembangkan”. Dengan demikian keterampilan berarti penguasaan terhadap berbagai teknik, prosedur serta peraturan yang berhubungan dengan bidang tugas yang dimiliki anggota organisasi.

Daftar Pustaka

Giibson,1998.Organisasi dan Manajemen Terjemahan Ichayaudin Zuhad. Jakarta:Erlangga

Mangkunegara.2000.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Siagian,Sondang.1992.Organisasi,Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta:Gunung Agung

Artikel Terkait:

definisi kinerja pegawai

profesionalisme pegawai

Aspek-Aspek Standar Pekerjaan dan Kinerja

About these ads

3 Comments »

  1. [...] Definisi Kemampuan Pegawai [...]

  2. [...] Definisi Kemampuan Pegawai Possibly related posts: (automatically generated)Konsep / Definisi Kinerja PegawaiDefinisi Kemampuan PegawaiDefinisi OrganisasiTujuan dan Manfaat Pengembangan Sumber Daya Manusia [...]

  3. [...] Definisi Kemampuan Pegawai Possibly related posts: (automatically generated)Definisi / Konsep Kuantitas KerjaKonsep / Definisi Kinerja PegawaiKonsep / Definisi Kualitas KerjaJob Design [...]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: